Mengenal fitur One Virus By User, dan tips cara mendeteksi virus yang belum dikenal Smadav

Posted in Smadav on Nov 12, 2016

Sudah tau kah kalian dengan fitur One Virus By User yang terdapat dalam tools smadav? apa sih fungsinya, dan gimana cara menggunakanya, simak tulisan berikut…

 

One Virus By User

One Virus By User adalah sebuah fitur dari smadav yang bisa digunakan untuk memasukan sendiri database virus sementara, pengguna bisa memasukan sendiri secara manual virus yang belum dideteksi oleh smadav, sehingga smadav bisa mendeteksi virus yang dipilih oleh pengguna, dengan fitur ini virus-virus yang belum ada didatabase bisa dideteksi dengan mudah.

 

Fitur One Virus By User ini sebenarnya sudah lama disematkan dalam Smadav Antivirus, mungkin banyak yang belum mengetahui kegunaan dari fitur One Virus By User ini, sehingga jarang digunakan, padahal dengan memanfaatkan fitur One Virus By User ini smadav bisa menjadi lebih powerfull untuk berhadapan dengan virus-virus baru.

 

One Virus By User jg sangat jarang ditemukan dalam kebanyakan antivirus, dengan adanya One Virus By User menjadikan smadav mempunya kelebihan tersendiri dibanding antivirus lainnya.

 

 

Contoh kasus virus yang belum bisa dideteksi oleh smadav

Contoh kasusnya saat pengguna menemukan sebuah file yang dicurigai sebagai virus, tetapi ketika di scan dengan menggunakan Smadav, smadav tidak mendeteksinya.
 
Contoh virus folder, virus yang menyerupai nama-nama folder yang disembunyikannya
 
 
Gambar diatas adalah salah satu contoh infeksi dari virus folder yang belum bisa dideteksi smadav, virus ini akan menghidden folder-folder yang ada di Flash Disk dan menggantikannya dengan duplikat virus. Ciri-ciri virus sangat mudah diketahui jika kita lihat dari Details View di Windows Explorer, disitu terlihat bahwa virus menyerupai nama-nama folder yang dihiddennya, Typenya adalah Application dan berektensi .exe. Sedangkan folder aslinya tidak memiliki ektensi file, size (ukuran) dan typenya adalah file folder.
 
jika pengguna tidak hati-hati dalam membuka folder bisa jadi malah menjalankan file virus, oleh karena itu sebaiknya selalu gunakan Detail View ketika membuka isi Flash Disk sehingga kita bisa mengetahi detil dari file/folder yang akan kita buka.
 
 
Anti-Exe

Pada smadav versi terbaru terdapat fitur baru yang sangat berguna untuk mencegah infeksi virus, fitur tersebut adalah Anti-Exe, fitur ini akan aktif saat pengguna menjalankan sebuah file .exe (application) didalam Flash Disk, maka Anti-Exe akan menampilkan pesan peringatan seperti gambar diatas, contoh pesan yang tampil diatas saat pengguna tanpa sengaja menjalankan file virus folder, tetapi berhasil di cegah oleh Anti-Exe Smadav.

 

Gambar dibawah contoh ketika virus folder berhasil menginfeksi sistem, virus aktif dimemory dgn nama proses Xrvhos.exe dan Smshost.exe

 

Autorun virus dilihat dari Msconfig

 

Ketika virus berhasil meninfeksi sistem tentu akan ada keanehan yang bisa ditemui, contohnya seperti gambar dibawah ini, dimana folder-folder yang ada di Flash Disk tiba-tiba berubah menjadi .exe (application)

 

 

Gimana sih cara menggunakan One Virus By User untuk mendeteksi virus yg belum dikenal smadav

Ketika scanning biasa tidak mendeteksi keberadaan virus tersebut, maka saatnya memanfaatkan fitur One Virus By User untuk mendeteksinya, Caranya :

1. Buka Smadav Antivirus, kemudian klik tombol Tools

2. Kemudian klik tab One-Virus-By-User

3. Pada daftar-daftar file yang dicurigai, cari salah satu file yang dicurigai sebagai virus, dalam kasus ini mudah sekali dimana kita bisa melihat sendiri digambar bahwa ada 2 proses yang menggunakan ikon folder yakni Smshost.exe dan Xrvhos.exe, setelah mengetahui keberadaan file yang dicurigai sebagai virus tadi, kemudian klik kanan dan pilih Add As Virus

4. Apabila didaftar proses file-file yang dicurigai tidak ditemukan adanya file / induk virus, anda bisa mencarinya secara manual melalui tombol “Cari File Lainnya” kemudian pilih salah satu file yang dicurigai sebagai virus, contohnya anda bisa mengambil sampelnya dari Flash Disk yang berisi file duplikat virus.

 

 

Setelah selesai memasukan file yang dicurigai sebagai virus di One Virus By User, jangan di tutup / close dulu smadavnya, lanjut dengan meng-klik tombol Scanner, dan pilih Scan Total / Total Scan

untuk scanning secara keseluruhan, kemudian lakukan scan dengan mengklik tombol Scan.

 

Tunggu hingga smadav selesai menscan keseluruhan sistem, maka smadav akan menampilkan hasil deteksinya, terakhir tinggal klik tombol Fix All / Clean

 

Jangan lupa untuk mescan semua Flash Disk / Hard disk external yang anda punya, biasa virus juga ikut masuk didalamnya.

 

Kini anda sudah mengetahui kegunaan dari fitur One Virus By User, semoga dengan adanya artikel ini , pengguna smadav tidak kebingungan lagi ketika berhadapan dengan virus baru

 

17 Responses to “Mengenal fitur One Virus By User, dan tips cara mendeteksi virus yang belum dikenal Smadav”


  1. Anonymous says:

    I’m appreciate this Smadav Anti Virus I’ts really applicable to solve the problem

     
  2. Anonymous says:

    vrery use full app

     
  3. ventura antónio dinheiro cabral says:

    thank you for Smadav.

     
  4. Anonymous says:

    i agree

     
  5. Birhanu says:

    Thank You.

     

Trackbacks/Pingbacks

  1. VirusLokal.com | WinZipper, Aplikasi Pengkompres Data Palsu 17 11 16

Leave a Reply


  • Search

    Loading
  • Wall

    Previous Next
    Latest on Tue, 11:11 am

    Azis: @ XOLANI, You can redownload it on the http://smadav.net/?page=download

    Matabane M.A.: I like to renew antivirus

    XOLANI: need the latest version

    lenovo-pc: assist teacher

    Denis: this is awesome

    sylvester shokoti: the best

    kemul.iro: appreciate your antivirus

    Moznun Haque: Update

    Azis: @Nukhail, waalaikumsalam, yes, the smadav updated is not daily but every month or more. Thanks

    selvakumr: like

    » Tuliskan komentar Anda :